Ayam ungkep

Ayam ungkep
Ayam ungkep

Resep ini termasuk resep yang mudah pula dipraktikan oleh para ayah yang ingin memasak. Bumbu yang disiapkan pun tidak perlu yang rumit-rumit. Cukup sediakan bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam, gula pasir dan kunyit bubuk (atau parutan kunyit) – untuk memberikan warna kuning pada ayam. Ulek atau blender semua bahan tersebut, kemudian balurkan ke ayam kampung/negri yang sudah dipotong-potong. Diamkan beberapa saat supaya bumbu meresap. Setelah itu ayam siap diungkep.

Jika para ayah agak kurang suka mengupas bawang misalnya sehingga menjadi malas membuat bumbu tersebut, dapat menggunakan bumbu instan yang sudah banyak dijual di pasar ataupun super market terdekat. Pilih bumbu untuk ayam goreng ataupun ayam kalasan, ikuti proses mengungkep dan ayam ungkep dapat dinikmati.

Diungkep atau dimasak ungkep adalah proses memasak dengan cara direbus dengan bumbu-bumbu terlebih dahulu. Hasil rebusannya atau yang sudah masak inilah yang disebut ayam (atau bahan makanan lain) ungkep.

Ayam yang sudah diungkep ini bisa langsung dimakan. Tetapi biasanya lebih enak disantap setelah digoreng terlebih dahulu atau dibakar.

Saat ayam dibalur bumbu, jika memungkinkan, ayam berbalur bumbu tersebut dimasukkan ke dalam kulkas dalam jangka waktu 3 (tiga) hingga 6 (enam) jam, setelah itu ayam berbalur bumbu siap diungkep.

Air yang digunakan mengungkep ayam sekitar satu setengah tinggi tumpukan ayam dalam panci.

Mengungkep ayam kampung membutuhkan waktu yang lebih lama dari ayam potong/ayam negeri.

Untuk ayam negeri cukup sekitar 30-45 menit sementara untuk ayam kampung kadang membutuhkan waktu dua kali lipatnya.

Air dalam panci dapat ditambah jika terlihat terlalu sedikit atau berkurang.

Sebelum dimulai proses mengkungkep, jangan lupa dicicipi rasa airnya terlebih dahulu, apakah sudah cukup asinnya atau manisnya atau gurihnya.

Rasa asin dapat dilebihkan agar cukup rasa asin yang menyerap di daging ayam yang diungkep nantinya.

Setelah ayam selesai diungkep, angkat ayam kemudian tiriskan.

Air yang tersisa di panci saat mengungkep ayam tersebut jangan terlebih dahulu dibuang, dapat digunakan untuk mengungkep tempe atau tahu. Cukup rendam tahu dan tempe selama beberapa waktu, kemudian ungkep tahu atau tempe sekitar 10-15 menit.

Angkat tempe dan tahu, tiriskan, kemudian setelah dingin tempe dan tahu tersebut dapat disimpan dalam kulkas untuk kemudian digoreng sewaktu-waktu akan menikmati tempe ataupun tahu goreng. Rasa tempe dan tahu goreng ini akan terasa lebih lezat.

Belom yakin ayah?

Silakan coba sendiri ya para ayah.

Ayo masak ayah. Beat your challenge!

Salam chef,

Babab Bugi

[Sumber foto: www.resepmasakanindonesia.me]

Leave a comment